Forum Ortax › Forums › PPh Orang Pribadi › Administrasi WP di KPP Baru
Administrasi WP di KPP Baru
Sehubungandng modernisasi KPP dan reorganisasi oleh DJP, maka terjadi pemindahan WP secara masal dari satu KPP ke KPP yg lain.Pertanyaan:
1. apa yg harus dilakukan oleh WP agar tidak terjadi masalah dikemudian hari mengingat terjadi perubahan NPWP dikode wilayah?
2.kapan WP tsb mulai memakai NPWP yang baru karna belum diterbitkannya SKT atau pun SPPK yg baru?Untuk terbit FP standar, bayar dllSelama blum diterima SKT baru, tetap pakai yang lama Pak.
trus biasanya ada toleransi beberapa bulan boleh pakai kode KPP Lamakalo bayar biasanya bank langsung nolak, jadi sudah pakai yang baru
lapor juga otomatis di kpp yg baru pak.minta petunjuk pelaksanaan atas pemindahan KPP tsb, biasanya dgn diterbitkan SK pemindahan WP ke KPP lainnya diikuti juklaknya baik yg hrs dilakukan KPP atopun WP.
kalo dah tahu pindah KPP ya langsung aja pake identitas baru Pak (NPWP baru).
segera minta SKT, kartu NPWP & SPPKP yang baru.
sosialisasikan ke rekan bisnis atas perubahan NPWP.kalau saya pernah mengajukan permohonan untuk penggunaan npwp lama dalam faktur pajak masukan dari rekanan. dan telah ditanggapi oleh kpp. hasilnya bisa dipergunakan npwp lama dalam faktur pajak masukan selama kita dapat membuktikannya,
untuk faktur pajak keluaran, npwp mulai berlaku sejak diterbitkan surat pemindahan kpp dan perubahan no npwp. karena pembayaran ke bank harus langsung menggunakan npwp baru.